Monday, 10 October 2016

Pengertian PPC atau CPC bagi publisher iklan




PPC (Pay Per Click) atau CPC (Cost Per Click) adalah sebuah model periklanan internet yang biasanya digunakan untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web, di mana pengiklan membayar penerbit (pemilik website atau jaringan situs), ketika iklan diklik. PPC biasanya dikenal dengan iklan bermodel banner yang ditampilkan pada situs web dengan konten terkait yang telah setujui oleh perusahaan iklan demi menampilkan iklan tersebut. Dimana jaringan sosial seperti Facebook dan Twitter juga telah mengadopsi bayar per-klik sebagai salah satu model iklan mereka. Disisi itu, website yang ingin memanfaatkan iklan PPC akan menampilkan iklan bila permintaan kata kunci cocok, daftar kata kunci pengiklan, atau ketika sebuah situs konten menampilkan konten yang relevan, biasanya iklan semacam ini disebut link sponsor atau disponsori iklan dan muncul berdekatan dengan atas atau bawah hasil organik di halaman hasil mesin pencari atau di mana saja web developer memilih situs konten yang ingin ditampilkan. PPC dihitung dengan membagi biaya iklan dengan jumlah klik yang dihasilkan oleh iklan. Rumus dasar adalah:

   
Pay-Per-Click ($) = Advertising Cost ($) Ads ÷ Clicked (#)

Ada dua model utama untuk menentukan PPC: flat-rate dan tawaran berbasis. Dalam kedua kasus, pengiklan harus mempertimbangkan nilai potensi klik dari sumber yang diberikan.

No comments :
Write comments